Selasa, 11 Desember 2018

Ringkasan Cerita Filim Dilan 1990 2018

Ringkasan Cerita Filim Dilan 1990 2018


Ringkasan Cerita Filim Dilan 1990 2018
Ringkasan Cerita Filim Dilan 1990 2018


Ringkasan Cerita Filim Dilan 1990 2018,
 diadaptasi dari novel buatan Pidi Baiq yang konon terinspirasi dari cerita nyata. Andai percintaan Dilan dan Milea sungguh benar adanya, saya yakin Pidi cuma mengambil garis besar cerita mereka. Sisanya, terlebih obrolan yang ada, pastilah rekayasa. Sebab insan mana yang mengucapkan kalimat ibarat “Kamu cantik, tapi saya belum mencintaimu. Enggak tahu jikalau sore. Tunggu aja” atau “Jangan rindu. Berat. Kau enggak akan kuat. Biar saya saja”. Terdengar menjijikkan? Mungkin. Tapi bukankah kita kerap menganggap kemesraan dan rayuan (sok) puitis itu menjijikkan hingga balasannya kita sendiri melakukannya, menikmatinya kala terjebak asmara?

Dilan 1990

Menonton Dilan 1990 rasanya ibarat menjalani sebuah hubungan cinta. Hal yang awalnya menggelikan kemudian berubah jadi manis nan memabukkan. Milea (Vanesha Prescilla) gres pindah dari Jakarta ke sebuah Sekolah Menengan Atas di Bandung. Seketika banyak siswa terpikat padanya. Milea sendiri mempunyai pacar di Jakarta. Beni (Brandon Salim) namanya. Tapi pikiran Milea justru dikuasai Dilan (Iqbaal Ramadhan), bocah begajulan anggota geng motor dengan julukan “Panglima Tempur” yang di awal pertemuan kerap melontarkan ramalan-ramalan. “Aku ramal kita akan bertemu di kantin”, demikian ucap Dilan. Aneh? Tunggu hingga ia menghadiahkan TTS yang sudah terisi penuh di hari ulang tahun Milea alasannya yaitu tidak mau menciptakan si gadis pusing.


Ringkasan Cerita Filim Dilan 1990 2018
Ringkasan Cerita Filim Dilan 1990 2018


Jalan Cerita Dilan 1990

Pokoknya Dilan unik. Begitu juga adiknya. Alasannya, sang bunda (Ira Wibowo) bukan ibu-ibu kaku, yang balasannya membentuk kepribadian anak-anaknya. Saya dan para penonton lain yang telah memasuki usia remaja bisa jadi menganggap Dilan beserta caranya mengasihi absurd ketimbang unik apalagi romantis. Tapi mungkin ketika Sekolah Menengan Atas dulu saya akan memahami romantismenya. Mungkin ketika Sekolah Menengan Atas dulu saya akan menimbulkan Dilan panutan semoga diidolakan gadis-gadis. Mungkin di masa saya Sekolah Menengan Atas dulu, konsensus menawarkan Dilan yaitu pria manis. Alhasil saya pun coba memandang Dilan 1990 sebagai sarana nostalgia. Lagipula setting 90-an miliknya memfasilitasi tujuan itu.

Memakai perspektif tersebut, filmnya lebih bisa dinikmati, bisa melemparkan saya kembali menuju manis dan pahit romantika masa remaja yang diisi kecemburuan, rayuan, kebahagiaan kala sang pujaan pertama kali bersedia membonceng motor, hingga usaha memacu adrenalin untuk merebut hati kekasih orang (ups!). Penyutradaraan duet Fajar Bustomi (Surat Kecil untuk Tuhan, Jagoan Instan) dan Pidi Baiq belum total dalam urusan merangkai momen asmara baik yang menggemaskan maupun romantis, tapi iringan nomor manis Dulu Kita Masih Sekolah Menengan Atas selalu siap membantu menambal kekurangan terkait rasa dalam pengadeganan.

Ringkasan Cerita Filim Dilan 1990 2018
Ringkasan Cerita Filim Dilan 1990 2018

Pengarahan kedua sutradaranya memang kerap menghalangi suatu adegan memunculkan efek yang diinginkan. Contohnya ketika komedinya sering berujung cringey. Ada peranan pemain yang kurang sempurna penyampaiannya, tapi lebih banyak didominasi didorong kecanggungan adegan. Seolah Fajar dan Pidi resah harus mengemasnya bagaimana. Kebingungan serupa dialami Iqbaal. Sewaktu bermain santai, ia menyenangkan disimak, hidup dan dinamis sebagaimana ditunjukkannya lewat Ada Cinta di SMA. Kondisinya berbalik ketika dipaksa melontarkan kalimat “khas Dilan”. Iqbaal kaku tatkala harus berbahasa baku. Setidaknya satu senyuman cukup mendorong penggemarnya berteriak histeris. Sementara Vanesha Prescilla berhasil menciptakan Milea simpel disukai penonton, walau ibarat pasangannya, ia lebih menikmati ketika menghadapi suasana santai.

Alur Dilan 1990 bergerak episodik layaknya memori, pula berlangsung tipis minim konflik. Kehidupan Dilan selaku “Panglima Tempur” di geng motornya, konflik keluarga, kehidupan sekolah dan lain sebagainya memang masih bisa digali demi mengakali tipisnya plot, tapi bukan duduk kasus besar. Tujuan utama Dilan 1990 yaitu mempresentasikan percintaan remaja SMA, dan bukankah pada umumnya permasalahan di jenjang usia serta pendidikan tersebut memang tidak jauh-jauh dari situ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The History of How to Get Bit Coin Refuted

The History of How to Get Bit Coin Refuted - For Limit, you are just setting a purchasing order or bidding the sum of Bitcoin you wish to b...